Minggu, 28 Agustus 2016



Cara Membuat Blog
Boyolali, 22 Agustus 2016
Oleh: Hamazon Abrar Rilqi Amrullah

                  I.            PENGERTIAN BLOG
Menurut Wikipedia, blog adalah sebuah aplikasi web yang terdiri dari beberapa halaman yang terdapat tulisan, gambar, video pribadi secara online yang selalu diperbarui.
Blog adalah tempat anda untuk menulis tentang kehidupan anda, berbagi pikiran anda, menyampaikan berita, dan lain sebagainya.

                II.            FUNGSI DARI BLOG
Sebenarnya fungsi pertama dari blog hanya seperti  diary. Menulis tentang kehidupan anda, dan berbagi pikiran. Tapi semenjak perkembangan zaman dan perkembangan internet, blog pun tidak hanya menjadi diary. Blog pun sekarang bisa menjadi sebuah berita yang up to date. Bahkan bukan hanya itu, sekarang dari blog pun orang rumahan yang kebanyakan menganggur pun bisa mendapat uang dari kesehariannya menulis di blog. Selain itu bila blog anda dikembangkan secara konsisten, anda bisa menjadi miliarder seperti Mark Zuckeberg bos Facebook.

              III.            CARA MEMBUAT GMAIL
a)      Cara yang pertama

1)    Langkah pertama anda harus mempunyai akun di google atau biasa disebut gmail. Cara membuatnya pun sangat mudah. Bahkan anda bisa mendaftar di smartphone anda. Seperti tutorial yang saya buat pun menggunakan smartphone. Pertama langsung saja tulis di search engine anda dengan menulis gmail.com, lalu akan keluar gambar seperti ini.
                              
Lalu pilih tulisan “Buat akun”, maka akan tampilannya akan berubah:



                        
2)          Masukkan nomer telepon anda untuk memferivikasi nomer anda untuk keperluan keamanan e-mail anda. Nanti google akan mengirim sms melalui nomer anda. Setelah nomer anda terferifikasi maka tampilan akan berubah menjadi seperti ini:


                                
3)      Masukkan nama depan anda, nama belakang, tanggal lahir dan gender/ jenis kelamin anda. Semua harus terisi karena suatu alasan mengenai keamanan. Setelah semua terisi pencet tombol “Berikutnya”, maka tampilan akan seperti ini.  

                                                   
                                                                  
4)      Yaitu alamat gmail pengguna anda. Agar lebih gampangnya silahkan anda pilih saran email dari google yang menurut anda gampang dihafal. Atau anda bisa mengisi sendiri alamat email yang anda inginkan. Bila sudah silahkan pencet tombol “Pilih”, maka langsung akan muncul:


                                        
5)      Langkah selanjutnya membuat kode untuk akun google anda. Untuk saran buat sandi yang mudah dihapal. Contoh alamat rumah, nomor telepon, atau mungkin nama pacar maupun mantan. Bila sudah pencet tombol selesai, maka selesailah akun gmail anda. Anda sudah bisa membukanya dan menggunakannya sesuai keinginan anda.



b)      Cara yang kedua

1)      Cara yang pertama tanpa membuka google. Langkah pertama buka pengaturan di hp smartphone anda. Lalu pilih “Akun”
                          


2)      Lalu tampilan akan seperti ini:


                              
Lalu pilih “Tambahkan akun”,( berbeda hp, berbeda tata letaknya)
3)      Maka tampilan pun akan berubah kembali:


                               
Pilih yang “Google”, selanjtnya ikuti tahap-tahap dari google sendiri. Setelah terbentuk gmail pun siap digunakan.






             IV.            CARA MEMBUAT BLOG

1)      Setelah mempunyai akun gmail, anda bisa membuat sebuah blog gratis. Pertama buka di search engine anda www.blogger.com, maka anda akan dibawa ke situs blogger seperti ini:

          
Gambar diambil dari: KETKPGAN.COM
Masukkan gmail dan password yang sudah anda buat tadi.

2)      Bila sudah pencet sign in, maka anda akan dibawa:


                    
Gambar diambil dari: KETKPGAN.COM

Setelah itu pilih gambar yang dilingkari.
3)      Lalu tampilan akan berubah menjadi seperti ini:


Gambar diambil dari: KETKPGAN.COM

Setelah itu pencet tulisan “Blog Baru”
4)      Setelah anda pilih, maka akan menjadi seperti ini:



Gambar diambil dari: KETKPGAN.COM

Maka langkah selanjutnya post tautan/tulisan bagi blog anda. Lalu yang terakhir pilih background bagi blog yang anda post tadi (background bisa dirubah melalui template)

               

Mungkin hanya ini yang dapat saya tulis. Bila ada salah kata saya mohon maaf. Gambar yang saya ambil selalu ada sumbernya. Bila ada salah penulisan bagi sumber  foto saya mohon maaf sebesar-besarnya. Akhirul kalam wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Semoga bermanfaat J




Tidak ada komentar:

Posting Komentar